Sabtu, 16 Januari 2010

Hombo Batu


Ini merupakan tradisi lompat batu di Nias. Jadi kalau liat promosi itu di tipi-tipi, ya di Nias lah tempatnya. Tepatnya di Bawomataluo, satu desa adat, yang meskipun untuk ke situ jalannya naik cukup dengan kemiringan cukup tinggi, desanya sendiri masih tinggi lagi. Jadi kalau sudah nyampai di daerah situ, masih harus naik tangga batu lagi, kayak candi…

Ya gitulah, kesanku desanya itu seperti candi hidup, lah gimana rumah-rumahnya adat semua, dan di situ ada satu rumah induk yang besar sekali, dengan tiang penyangga raksasa. Di pelataran utama bukan tanah, tapi ubin batu. Jumlah rumah warga di situ sudah tidak bisa ditambah lagi. Jadi suasana candi tapi masih ditinggali warga dengan aktivitas sehari-hari.

Kalau kita ke situ, sudah langsung ditawari Hombo Batu, maksudnya sebagai penonton, bukan pelompat :p ada sekitar 3 atau 4 pemuda yang dengan pakaian tradisional yang melompat. Waktu kita pas ke situ, ada 1 pemuda berpakaian jeans menawarkan Hombo Batu, eh ternyata dia juga yang pakai pakaian tradisional dan melompat.

Sayang, nggak ada yang mengatur harus mbayar berapa, jadi kalau diitung2, tiap pelompat kadang dapat Rp 50.000,- tapi di waktu lain naik jadi Rp 75.000,- . Coba kalau sudah dipertimbangkan berapa sih reward yang harus diberikan, kita bisa mempersiapkan. Belum lagi anak2 yang mengejar2 minta dagangannya dibeli, sudah beli, giliran anak yang lain juga minta…
Uangku terbatas sih…

16 komentar:

ikut-ngeblog mengatakan...

hebat ya bisa lompat, pernah kejedug juga g ya...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kamu yg pake kaos putih ya?

Inuel^-^ mengatakan...

bukan kali, mas hendri yang make baju item yah, ^_^ peace ms,

mas, kotak komentarnya di seting dunk, ijinin siapapun yang boleh komentar, klo gini, aku ngga bisa koment kalo ngga OL blog, hikz... ja'at, ubah yah, oke oke , biar gampang :D

Newsoul mengatakan...

Hombo Batu Pulau Nias memang terkenal ya. Beruntung mampir kemari, setidaknya jadi tau tentang tradisi itu.

Zippy mengatakan...

Wah..mantep yah...
Kapan ya bisa lihat para pelompat baru secara langsung di Nias..??
Haduh..jauh banget sih dari Jayapura, hehehhe...

anyin mengatakan...

Pengen lihat jadinya. . .

h-run mengatakan...

:iloveindonesia !

reni mengatakan...

Kok bisa ya meloncat setinggi itu...?

Hendriawanz mengatakan...

ikut-ngeblog
iya. pastinya pernah lah, katanya mereka2 tu dilatih dari kecil. kalau gak latihan langsung lompat..whaaa!!

Hendriawanz mengatakan...

mb fanny
iya. masih kelihatan tho, padahal sudah menyamar..hahahaha!!

Hendriawanz mengatakan...

mb Inuel
nguawuurr ki.temenku tu..hahaha.
sorry gak tau tampilannya gimana kalau dari sini. ni udah ta ubah setingannya. tp tetep dinamai lho..nanti aku bicara sama patung.

Hendriawanz mengatakan...

Newsoul
Iya. Bersyukur, mendapat tambahan pengalaman :)

Hendriawanz mengatakan...

Zippy
Dateng aja deh...hehehe.
Waduh 'Narzis' nya jauh amat, Jayapura :D

Hendriawanz mengatakan...

anyin
segera siapkan koper..berangkat mb! :D

Hendriawanz mengatakan...

h-run
Ya. Kita bangga satu nusa, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Hendriawanz mengatakan...

mb Reni
Iya mb. Kupikir itulah yang bikin menarik, gak banyak yang bisa. Gmana internetnya mb, masih lancar kan.