Sabtu, 09 Januari 2010

Anak dan dewasa


Berat juga ngetik kalau pas lagi demam kayak gini. Dari tempat tidur sampai ke kursi komputer seperti merangkak aja.

Ku hidup dengan siapa
Ku tak tau kau siapa
Kau kekasihku tapi orang lain bagiku ...
(Agnes Monica)

Plok..plok..plok…plok…plok…plok..!!! Dan begitulah, suara pendukung salah satu artis cilik sesudah menyanyikan lagunya Agnes Monica. Bergemuruh, sorak-sorai tak henti-hentinya, seolah mau merubuhkan panggung. Kemudian disambung dengan pengantar dari MC, dan penilaian dari dewan juri. Pastinya itu pentas yang meriah, ramai, dengan ekspresi pendukung yang mungkin semi-kacau balau.

Hehh…kalau mengingat umur mereka, postur mereka, perkembangan jiwa mereka yang masih kecil, jadi sedih. Dengan sengaja digiring ke ranah orang dewasa. Bagaimana tidak, poin terpenting dalam satu penampilan, katanya penghayatan. Penjiwaan pada isi lagu. Mana ekspresinya?? Mungkin gitu komentar-komentar yang terluncur. Yang juara, yang terbaik, yang dielu-elukan, yang jadi kebanggaan mungkin keluarga artis yang mendampingi di panggung, pastinya yang paling menjiwai lagunya. Nah, sekarang kalau syairnya seperti di atas??

Anak bukan miniatur orang dewasa. Anak bukan orang dewasa dengan tubuh yang kecil. Anak adalah individu yang tumbuh dan berkembang. Mereka terus menerima input dari keluarga dan lingkungan, sekiranya itu mendatangkan aplaus, berarti itu baik. Tapi jika yang mereka lakukan mendatangkan respon negatif, berarti itu buruk. Sederhananya, begitulah anak berpikir, membedakan baik dan buruk. Mungkin ada juga yang mengatakan anak bagaikan kertas yang masih polos, putih, belum terisi apa-apa. Dalam kondisi begitu, mudah sekali menerima input sebagai nilai-nilai yang dia pegang di kemudian hari. Nggak bisa membayangkan juga, seandainya anak kecil sudah memiliki kekasih, lalu terlibat pertengkaran antara keduanya…lalu…lalu…

12 komentar:

nuansapena mengatakan...

saya pernah iseng tanya pada anak kelas 1 sd kebawah, kamu suka lagu apa? Jawabannya gak ada lagu anak-anak! Salahkah mereka? Tidak, karena yang didengar tiap hari memang lagu-lagu dewasa!

Hendriawanz mengatakan...

Yah, begitulah. Mungkin para pencipta lagu juga males nyiptain lagu buat anak-anak. Waktu saya KKN, anak-anak di situ hapal banget lagu "Surti Tejo" punyanya Jamrud. Anak-anak lho! Wow..!

just-fatamorgana mengatakan...

ya saya juga pernah liat tuh, anak2 kecil nyanyi lagu dewasa. jadi aneh deh.

Inuel^-^ mengatakan...

lalu aku gg bisa ngebayanginnya wekekekek..

ya idup ama ortunya lah..
masak ngga tau ama diri sendiri..
ech udah punya kekasih pula,
aku kalah dunk klo gtu, khahahah

anyin mengatakan...

eh itu anak kecilnya pake badan dumbledore ya? hehe iya aneh... mestinya mereka nyanyi lagunya enno lerian gituh

reni mengatakan...

Aku sampai sekarang masih suka ketawa kalau Shasa nyanyi lagu-2 orang dewasa. Aku juga gak suka kalau anak-2 nyanyi lagu orang-2 dewasa. Gak pas banget....!

Hendriawanz mengatakan...

mb Fanny
kembali ttg pengalaman di KKN itu mb, anak2 yang sudah fasih nyanyi "Surti Tejo" itu, kalau sampai bait yang tentang sarung jadi alas, lalu surti pasang alat kontrasepsi...mereka ketawa terbahak2 mb. So, itu jadi gojegan (bahan bercanda) pergaulan antar mereka.

Hendriawanz mengatakan...

mb Inuel
kalah sama anak kecil? masa' ?
ayo mb, berani (lho kok kayak komentarku di blognya mb inuel..hehe)

Hendriawanz mengatakan...

mb anyin
iya, habis bingung, googling jenggot susah nemunya. akhirnya ambil punyanya dumbledore, trus mukanya kuganti..hehe.
wah, nyambung nggak ya ilustrasinya..:p

Hendriawanz mengatakan...

mb reni
kadang2 mereka juga nggak ngerti maksud lagunya mb
tapi memang lebih baik gitu :)

bahasaimam mengatakan...

Kekhawatiran yang telah lama terendap, kini seolah tak guna lagi.

Anak kecil tlah berubah tingkahlaku kekanak-kanakannya...

Orang tua masih menyukai sikap kekanak-kanakannya...

Zepe Heru Saputra.,S.S mengatakan...

Hai …Nama saya Kak Zepe
Saya punya banyak koleksi lagu anak-anak.
Saya sudah punya 30-an koleksi lagu anak terbaru
Dan sudah dipakai oleh beberap Paud dan TK di
Seluruh Indonesia….
Semoga Bermanfaat!
Klik saja: http://www.lagu2anak.blogspot.com