Rabu, 03 Maret 2010

Pilihan

Ada dua papan, tinggal dipilih, yang mana yang akan ditempelkan di papan pengumuman kelas:

Jangan sekali-sekali mandi di sungai itu.
Jangan sekali-kali mandi di sungai itu.

Bagas ternyata memilih “Jangan sekali-kali” untuk melarang teman-temannya mandi di sungai itu. Padahal sekali-sekali dia malah mandi di sungai itu.

Catatan: Banyak orang menulis dengan “Jangan sekali-sekali”, tapi aku lebih mantap pada pilihanku tadi. Sebetulnya juga tidak sedikit yang menulis "Jangan sekali-kali". Kadang-kadang aku mikir kalau pakai "Jangan sekali-sekali" maksudnya disuruh dua kali atau lebih, jadi malah disarankan untuk sering-sering.
Kalau menurut KBBI sih :
se·ka·li-ka·li adv sama sekali; sedikit pun (tidak, jangan): ~ ia tidak memikirkan keluarganya; se·ka·li-se·ka·li adv kadang-kadang; tidak kerap; tidak sering; tidak selalu: dia hanya ~ saja datang kemari (tidak setiap hari)
Tapi ini aku. Kalau teman-teman, terserah lho..

31 komentar:

anazkia mengatakan...

Sekali-sekali *thingking* lihat kamus dewan bahasa bentar :) kadang-kadang juga bisa. Milih yah mana yah, bingung :)

cyber dreamer mengatakan...

bingung juga..

kalo 'sekali-sekali' artinya 'kadang-kadang', koq kaya' kurang pas yah kalo didepannya diberikan kata 'jangan' ^^ setuju, kalau artinya menjadi seperti disarankan unk sering kali... :D

kalo maksudnya jangan pernah, satu kalipun... mungkin memang lebih pas pake yang 'jangan sekali-kali' ^^/

Dimas mengatakan...

klo aku kadang2 itu makenya "sesekali" langsung gitu aja hehe...
kepanjangan klo nulis sekali-sekali

Newsoul mengatakan...

Sekali-kali, sekali-sekali, sesekali, sekalinya, dan sebagainya. Banyak pilihan, tentu dipilih yang paling disukai dengan alasannya masing-masing. Saya setuju, sekali-kali lebih sreg. Tulisan saya saya, rasanya, sering menggunakan sesekali.

elpa mengatakan...

jangan sekali-sekali maknanya gak boleh satu kali berarti harus banyak kali,di ulang2.jgn sekali-kali maknanya jangan sampai,perkataan sekali-kali mengingatkan kpd keponakan ku klo waktu mendisiplinkannya ku sering pakai perkataan itu..

UMS EDUKASI RSBI mengatakan...

Sekali-sekali-sekali....saya...saya...bisa mampir...terima kasih...terima kasih....

catatan kecilku mengatakan...

Hemmm, jadi mikir nih. Selama ini aku sudah memilih kata yg benar gak ya..?
Okelah, sekali-sekali salah tak apa-2 kan..? hehehe

the others... mengatakan...

Sekali-sekali, sekali-kali, sesekali... telah berkali-kali membuatku pusing nih... hahaha

Elsa mengatakan...

ini masuk ke ranah linguistik.
pelajaran waktu kuliah dulu.

hehehee, jadi inget masa masa kuliah

REYGHA's mum mengatakan...

ya udah aku ngga mau mandi di sungai itu baik sekali-sekali maupun sekali-kali...

anyin mengatakan...

bener2, nyaris sama tapi beda makna

kharis sulistiyono @blog jadul nya mengatakan...

saya lebih suka sekali-kali. kedengarannya pas gitu :D

julie mengatakan...

beda banget maknanya ya ndri
tapi yang bener emang sekali-kali

richo mengatakan...

wah permainan kata tuh..... aku bingung kalo di tanya bedane kalo blm di kasi tau heheh

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hm..pelajaran bahasa Indonesia nih. tks ya

aisyah muna mengatakan...

di depan rumahku ada kali, harus mikir dua kali nyebrang pake tali. Melewatinya tiap kali berangkat ngaji,berkali-kali ketemu sama bang jali...sesekali ia suka suka nyemplung kali. eeee..dimarahin sama pak haji....

^___________^v

fai_cong mengatakan...

hahaha..
terserah lo..
sesungai-sungai ajah wes aku,..
qe qe qe...

aisyah muna mengatakan...

qeqeqeqe...jgn pasrah gitu kali cong..^______^

Dimas mengatakan...

kunjungan rutin aja deh...

Fanda mengatakan...

Sekali-kali lah... Kata itu memang utk penekanan 'jangan'. Sekali-sekali kan berarti kadang2, berarti masih boleh dong

mocca_chi mengatakan...

seringan denger sekali-kali sih, bukan sekali-sekali, ayoooo indonesian teacher plisssss

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

orang hukum ato orang sastra nih..???

bluethunderheart mengatakan...

sekali sekali blue akan terus belajat padamu om.hehehe
mantab
salam hangat

fey mengatakan...

sekali-sekali saya sempatkan berkunjung kesini...

emmychen mengatakan...

ahhahaha... aku ga pernah notice yg beginian! nice nice :))

coba bikin 1 kalimat pake kata sekali-kali dan sekali sekali.. pasti ruwet deh :P

aan mengatakan...

tunggu buka kamus dulu mas..hehe

disini tempat cari modal gratis bisnis online mengatakan...

wahhaaaa,, setelah membaca sampe abis baru mudeng saya.. jangan sekali.

Alrezamittariq mengatakan...

Ada award buat sobat...monggo diambil ya...Makasih

marmut mengatakan...

jangan sekali-kali, jangan sekali-sekali, hahahah aku bingung, tapi enakan jangan sekali-kali, aku kira ni tadi kali sungai thu hihihih

Inuel^-^ mengatakan...

kalo aku yang bener aja deh yang diikutin pusing juga :D

nyun's mengatakan...

komentar satu kali lagi ahhhhhhh :P