Jumat, 05 Maret 2010

Beda dikit

Cerita sangat disederhanakan, pura-puranya harga berlian hanya ditentukan oleh berat, dan bukannya 5C .

Alkisah harga berlian lagi turun, 1 gram = Rp 10 juta. Si Anton sedang berbisnis dengan rekannya, Sugi, dia mau menukar mobilnya yang berharga Rp 100 juta dengan berlian kepunyaan Sugi.
Anton lagi di makan siang di resto cepat saji ketika melihat berita bahwa harga berlian turun. Buru-buru dia mengirim sms ke supirnya, Budi.

"Bud, tolong bawa mobil ke toko berliannya Sugi, tukar mobil dengan berlian. Minta berlian 10 gr. Jangan kurang!Awas, nanti pulang, aku timbang lagi di rumah. Jangan lupa mampir dulu ke kantor polisi, minta pengawalan".

"Baik, Pak", balasan sms dari Budi.

Tak lama kemudian, sesudah makan, Anton segera meluncur, pulang. Di rumah, Budi sudah menunggu dengan kotak berisi berlian di atas meja. Anton segera menimbang berlian tersebut dengan timbangan di rumah.

"He!! Kok cuma 0.6 gram?? Buddiii..!! Sini!! Tadi kubilang berapa??" Anton berteriak-teriak memanggil Budi.

Budi cepat-cepat menghadap. Begitu menghadap, Anton langsung menjitak Budi keras-keras, sambil memperlihatkan sms yang tadi dia ketik.
"Wheyy, Bodoh..Dungu!! Ku bilang berapa tadi?! Mobil ditukar dengan SEPULUH gram berlian. Kenapa ini cuma 0,6 gram, hah?! Gak bisa baca sms ya, nih, lihat lagi baik-baik, BERAPA??" Anton makin mengamuk, dan mau menjitak kepala Budi lagi lebih keras.

"Iyy..iyya Pak," Budi menjawab ketakutan, "Itu angkanya 10 gr pak, jadi sepuluh grain kan pak ?" suaranya pelan sambil menaruh tangannya di atas kepala supaya tidak kena jitak.

"Apa? grain? Apa itu grain?" Anton bingung.

"gr=grain, g=gram. 1 g = 15.43 gr atau 1 gr = 0.06 g. Jadi kalau 10 gr= 0.6 g, berarti betul kan yang bapak timbang tadi.." suara Budi makin melirih ketakutan."

"Waduh.." kini si Anton garuk-garuk kepala.

**************************************************************
Sehubungan dengan beberapa comment dari sobat, yah memang demikianlah yang sering kita dengar. Adapun simbol atau lambag "g" untuk gram ini saya ambil menurut the International System sebagaimana direkomendasikan oleh the International Bureau of Weights and Measures. Kepastian aturan sebagai dasar atau pedoman terasa makin penting pada kegiatan yang rutin dan interpretasinya berhubungan dengan tindakan lanjut demi pasien.
Sistem SI ini banyak dipakai sebagai satuan parameter-parameter pemeriksaan laboratorium di sini :

Kepustakaan lain juga saya ambil dari Wikipedia :



Ada juga di Simetric :




Lalu dari Kamus Besar Bahasa Indonesia :


Antara gram dan grain ini terpaut 15 kali lipat. Di beberapa tempat lain ada yang terbiasa melambangkan gram dengan "gm", hal ini sering berdampak serius pada saat terjadi kesalahan pengetikan menjadi "mg" yang mengubah nilai sebesar 1000 kali lipatnya.

Dampak sangat besar dapat terjadi pada beberapa kegiatan penting seperti peracikan obat, karena dosis obat ada perhitungan khusus.
Yah, di dalam segala hal yang kita jumpai dan beredar di masyarakat, semoga kita selalu dibekali awareness untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

33 komentar:

berita untuk negri mengatakan...

hehehehe,,bener juga bang..

Abi Sabila mengatakan...

Walah....cerdasan si Budi rupanya. Tapi lazimnya kita memang menulisnya dg gr bukan g

angger mengatakan...

memang cerdas tuh budi,bikin semua bingung,,hihi

cyber dreamer mengatakan...

Wah wah.. cerdas nie..

Tp yg bener
gram = gr bkn g, toh?
*buka catetan matematika*

Alrezamittariq mengatakan...

hehe..grain lambangnya gn kali?hehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

si budi pintar banget tapi bodoh. kreatif tapi bikiin ngaco. hehhee

Ritma mengatakan...

kunjungan pertama....
salam hangat sahabat...

richo mengatakan...

heheh pelajaran mati matian tuh yak bro.... ampun dj

Yolizz mengatakan...

si Budi itu pinter ato polos sih yah?! kan orang2 emang biasa nulis gram dengan gr, dah kepinteran banget tuh yah kayaknya :D

penghuni60 mengatakan...

hehe... unik jg...

marmut mengatakan...

heheh, supirnya lebih pinter dari bosnya, maksdku jauh lebih teliti, hehehe

fai_cong mengatakan...

untung ada budi...
haahaha...
:D

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
Assalamualaikum,
*******Salam ‘Blog’!!*******
“HAHAHAHAHA...
ITU SI BUDI PINTER apa GIMANA SIH..hehehehe
KUNJUNGAN PERTAMA NIH”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

mocca_chi mengatakan...

bused sopirnya pinter tenan, ak aj ga tau grain ntu apa wkwkwk

Aditya's Blogsphere mengatakan...

hahahaha...konyol bang .... grain? ahahahaha...bisa aja buat cerita.....jangan2 10 gr itu artinya sepuluh kali gedhen rumongso (GR) bukan gram atau grain hehehe

anyin mengatakan...

jadi minder sama budi nih huhu

emmy mengatakan...

supirnya lulusan teknik yaa.. hahaha! tapi udah jadi pengetahuan umum kan kalo dlm timbangan gr itu gram.. *terutama indonesia ya..entah kalo diluaran gimana*
seperti co = cowok, g = gue (jakartaan)gitu2 dehh maksudku hehehe...

bintang mengatakan...

jadi inget singkatan yang sering di pake dalam sms. kadang ampe bingung mas, kebanyakan di singkat jadi gak ngerti bacanya

tapi di Indonesia kebanyakan masih menggunakan gr kan untuk gram.

salam kenal.... ditunggu kunjungan baliknya...

julie mengatakan...

hmmm info yang sangat menarik

Newsoul mengatakan...

Kisah yang lucu. Dapat info neh mampir ke blog Hendriawanz, gram dan grain. Kalau tidak jelas satuannya, bisa berabe ya.

a-chen mengatakan...

waduh jadi pake g yak....

buwel mengatakan...

thanks neh sharingnya.. jadi banyak tahu..

U-marr mengatakan...

haha, si anton jadi malu sendiri di buatnya... :D

Dimas mengatakan...

walah baru tau aku klo ada satuan grain...
tukeran aja klo gitu tuh yg supir jadi majikan yg majikan jd supir, soalnya pinteran supirnya...

Seiri Hanako mengatakan...

waduh..
bingung ngitungnya...
tapi penting...

Newsoul mengatakan...

Selamat pagi sobat. mampir lagi, mengabarkan kado darimu saya pajang lho hari ini. Selamat berakhir pekan.

Elsa mengatakan...

aku taunya cuman selusin, sekodi, satu gross...
hehehehehe
beda bidang soalnya

Vicky Laurentina mengatakan...

Terima kasih, Wan. Dulu aku suka nulis resep ceftriaxon 1 gr. Ternyata itu salah kaprah ya? Aku harus ganti kebiasaan itu, pelan-pelan.

richo mengatakan...

wah kirain memang gr itu gram..... ternyata eh ternyata bukan

catatan kecilku mengatakan...

Selama ini aku nulis gram ya pake gr.
makasih tuk ilmunya ya..

the others mengatakan...

Jadi ngebayangin mobil seharga 100 juta ditukerin dg 0,6gr berlian...? wkkkkk....

Ellious Grinsant mengatakan...

Mikir dulu baru ketawa, hahahah...
salam kenal mas....

Qorianisme mengatakan...

Baru tau kalau beli emas kayak gitu,,,

btw yang ngejual intelek juga,,,