Selasa, 13 Juli 2010

Kalau ke rumah sakit..

Sudah sering dibicarakan kalau di rumah sakit itu banyak kuman. Jadi ada benarnya, kalau menengok orang sakit itu, tidak perlu membawa anak-anak banyak-banyak. Jika memang diperlukan membawa, misalnya tidak ada yang menjaga di rumah, maka sebaiknya tidak lama-lama di bangsal. Lebih baik di bawa ke taman di rumah sakit. Cukup banyak rumah sakit yang memiliki taman. Jika tidak ada ya, di bawa ke halaman.

Bukan berarti pasti akan sakit atau tertular. Tetapi ini namanya risiko. Kemungkinan, atau peluang. Anak-anak memiliki daya tahan tubuh, sistem kekebalan yang relatif lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Apalagi anak-anak biasanya memiliki aktivitas lebih banyak, lari ke sana-kemari, pegang ini-itu.

Yang berikut, pegangan pintu, nurse station, itu merupakan tempat dengan "lalu-lintas padat", petugas kesehatan, pengunjung lalu lalang, dan bukan tidak mungkin kuman juga "ngikut". Jadi cuci tangan itu kebiasaan yang baik. Tidak hanya kalau mau makan dan sesudah makan, sesudah menengok pasien di rumah sakit pun, alangkah baiknya cuci tangan.

13 komentar:

story-of-mayyadah mengatakan...

kok tiba2 ngomong rumah sakit heheheh

makasih ya pak dokter :P

Hendriawanz mengatakan...

iya, soalnya kemarin pas ada round table discussion menyangkut pola kuman. cuci tangan, kebiasaan sederhana ini ternyata berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan kita.

padahal sudah nulis artikel lain, lah kok malah jadi share yang ini..

Elsa mengatakan...

aku ingeeeeet sekali,
waktu aku masih kecil...
di rumah sakit tuh ditulis anak-anak tidak boleh masuk untuk menjenguk.
jadi emang benar benar dilarang, bahkan ada satpamnya yang jagain pintu masuk agar para pengunjung tidak membawa anak anak ikut serta..

nah sekarang ini,
tampaknya peraturan itu sudah jauh berubah
anak anak bebas masuk menjenguk pasien di rumah sakit

Baby Dija mengatakan...

Dija sih sebel sama Rumah sakit..
Dija kan tinggal di RS sendirian sebulan setelah lahir...

di inkubatornya lamaaaaaa sekali....

Newsoul mengatakan...

Tipsnya mantap, makasih sharenya. Selamat pagi sobat.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

untung saya hobi cuci tangan.

siroel mengatakan...

makasih ilmunya sob...ternyata ke rumah sakit ngga boleh sembarang yah...

met sore...

Seiri Hanako mengatakan...

rumah sakit lagi....
huffffffffff


pa kabar??

Inuel Nyun's mengatakan...

iya iya aku cuci tangan >,<, ga pake marah donk hahahahha..

maklum komentar kagak nyambung :P

anyindia mengatakan...

aduh saya ngga suka kalau harus berkunjung kesana.. takut >.<

eh biasanya disini ada fotonya mas hendri bukan sih.. kok ilang ya sekarang (baru ngeh)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

gak heran, anak2 kecil jarang diijinkan utk dibawa ke RS, meskipun cuma nengokin mamanya ya

Fanda mengatakan...

Aku malah tukang ngabisin sabun cuci tangan di kantor, hihihi... Coz tiap hbs dari toilet cuci tangan. Abis keluar kantor, pulangnya cuci tangan. Abis ngeluarin duit, cuci tangan. Boros tapi sehat deh, hehehe...

Hen, aku sekarang kan ada bisnis toko buku online. Makin rame nih (thank God!!) jadi harus fokus ngurusinnya. Kapan2 mampir dong... (ga dipaksa beli kok!) di: www.vixxio.com

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

siap pak dokter,, ntar adek g asal pegang gagang pintu sembarangan hhhee