Jumat, 14 Mei 2010

Penerimaan Siswa Baru

Penerimaan siswa baru sudah dekat. Sekolah mulai sibuk, orang tua calon siswa juga sibuk. Dan kayaknya makin dekat harinya, aktivitasnya juga akan makin meningkat.

Aku sempat browsing data nilai untuk penerimaan tahun 2009 di SMA di Jogja. Kuambil 2 aja. Nilai tertinggi di kedua SMA itu adalah 9.988 dan 9.900. Nilai terendah adalah 8.838 dan 9.113. Nilai rata-rata adalah 9.16 dan 9.34. Di tengah kebanggaan, generasi penerus bangsa pintar-pintar, ada sedikit kekhawatiran juga dengan nilai-nilai itu. Nilai terendah dan juga rata-rata kok 9-an. Yang tertinggi saja hampir 10. Jika dalam satu sekolah, isinya hanya nilai 9-10 terus, kurasa dapat menjadi ajang kompetisi yang rentan berbagai efek samping. Nilai turun sedikit saja, mungkin memberi dampak besar bagi yang bersangkutan. Nilai terpaut sedikit saja, tapi yang bersangkutan bisa saja merasa kapasitasnya terpaut sangat jauh. Persaingan yang sehat saja tetap berpotensi meningkatkan angka depresi. Apalagi jika dalam perjalanannya, timbul persaingan tidak sehat. Ah, semoga saja tidak demikian.

12 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

wah range na dikit bnget..
sekolah unggulan yah..
kalo nilai turun dikit ajah keliatan tuch..

inge / cyber dreamer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
inuel mengatakan...

amin..... semoga adhekku bisa di terima, itu bagiku yang terpenting sekarang :P

Hendro-Prayitno mengatakan...

pendidikan naik turun dapat memberikan dampak besar

NURA mengatakan...

salam sobat
hebat ya rata2 nilainya 9.
semoga tidak akan ada persaingan yg tidak sehat.

Elsa mengatakan...

bagus banget kalo rata rata nilainya 9...

aku lihat di TV, ada SMA yang seluruh siswanya tidak lulus UNAS itu...
lha ngeri banget kan? jadi bertanya tanya, apanya yang salah? muridnya? gurunya??

KucingTengil mengatakan...

HUEEEEEEEEE... nilai terendahnya 8.8??? *ngeliat nilai kelulusan dulu* wuehehehehehe *kuburin ke laut*

Dimas mengatakan...

wew, pinter2 anak jaman sekarang nilai rata2 aja bisa sampai segitu..

Artikel Internet Online mengatakan...

standart nilai sekarang tinggi2, untung anak jaman sekarang bisa mengimbangi, ada yg samapai nilai 9, ampun deh...
buat yg mo jd siswa baru, moga sukses..

mundo_idiot mengatakan...

iya itu perlu jadi pertannyaan kita semua ,hampir tiap kita merasakan sekolah , dan bagaimna nilai itu di peroleh , bervareasi ,

anyindia mengatakan...

hehee lama rasanya meninggalkan dunia itu sampe nyaris lupa masa2 begini :)

shidiq mengatakan...

kalo nilai UN tinggi, kira2 kalo nilai hariannya gimana ya??? beneran gak ya?? yang gak bisa apa bisa nilainya 9,99 ya??

salam kenal, kunjung balik...
sukses slalu....